Prestasi Prakerja Dalam Ciptakan Tenaga Kerja Berkompeten



Bagi kalian yang sudah lama terdaftar menjadi anggota Prakerja, tentu sudah merasakan banyak manfaatnya. Kurang lebih 4 tahun sudah program Prakerja ini hadir di tengah-tengah masyarakat sebagai solusi dalam upaya membantu peningkatan kompetensi bagi tenaga kerja yang sedang mencari kerja atau ingin membuka lapangan kerja sendiri.

Sebagai warga negara Indonesia, saya cukup bangga dengan capaian Prakerja sampai saat ini. Terbukti program Prakerja yang resmi diluncurkan Pemerintah Indonesia pada tahun 2020 lalu, sudah banyak mendapat penghargaan di luar negeri.

Adapun beberapa penghargaan dari luar negeri yang telah diraih oleh Prakerja antara lain:
  • Prakerja merain pujian khusus yaitu menerima Wenhui Award dari UNESCO pada tahun 2022-2023. Wenhui Award merupakan ajang kompetisi yang diikuti oleh 94 inovasi dari 25 negara se-Asia Pasifik. Tentu saja kita harus bangga karena meraih Wenhui Award sebagai prestasi pertama Indonesia sejak kompetisi ini diadakan dari tahun 2010.
  • Prakerja  memperoleh  sertifikasi  ISO/IEC  27001:2022 kategori Sistem  Manajemen Keamanan Informasi, dimana meraih level tertinggi yaitu level 5 dalam penerapan layanan SPBE dan menandakan praktik yang transparan
  • Program pelatihan Prakerja juga mulai ditiru oleh negara tetangga sesama anggota ASEAN yaitu Kamboja dan sedang dipelajari oleh Thailand. Artinya Prakerja memberikan inspirasi bagi kedua negera tersebut dalam upaya mendorong peningkatan skill warga negaranya.
  • Prakerja sendiri terpilih untuk dipresentasikan di Markas Besar PBB, New York dalam rangkaian kegiatan Sustaineble Development Goal (SDG) Submit pada bulan September 2023.
Di dalam negeri sendiri, Prakerja mendorong peningkatan keterampilan pesertanya. 89% peserta Prakerta terbantu untuk mendapatkan pekerjaan yang layak dan lebih baik melalui peningkatan keterampilan. Hal ini berdasarkan pada hasil studi CIPG-ADB pada tahun 2023 yang menunjukkan bahwa Prakerja berkontribusi positif terhadap 8 dari 17 Sustainable Development Goals (SDGs).

Peningkatan produktivitas tenaga kerja juga terlihat setelah mengikuti pelatihan yang diselenggarakan oleh Prakerja. Hal ini terbukti pada studi DEFINIT dari ADB yang dilakukan pada tahun 2023 dimana menunjukkan bahwa 83% penerima menilai Prakerja meningkatkan keterampilan, kompetensi, dan produktivitas, sementara 99% merasakan peningkatan motivasi belajar teknologi digital.

Peningkatan pendapatan juga terlihat secara signifikan dari hasil Riset  Presisi  Indonesia  pada tahun 2021. Dalam riset ini menemukan  bahwa  penerima  perempuan Prakerja mengalami peningkatan pendapatan sebesar 33% lebih tinggi dibanding non-penerima perempuan.

Sementara itu Hasil Studi Svara Institute pada tahun 2023 menemukan peningkatan pendapatan penerima Prakerja hingga 17,6% lebih tinggi dibanding non-penerima. Tentunya peningkatan pendapatan merupakan hal yang patut kita apresiasi, karena di tengah pandemi yang terjadi justru terjadi peningkatan pendapatan pada masyarakat Indonesia yang mengikuti Prakerja.

Tak kalah pentingnya adalah Prakerja memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan ekonomi daerah di Indonesia. Hasil Studi CIPG-ADB di tahun2023 menunjukkan bahwa Prakerja berkontribusi positif terhadap 8 dari 17 Sustainable Development Goals (SDGs). dan ada 3 Sustainable Development Goals (SDGs) yang berkaitan dengan peningkatan ekonomi daerah yaitu:
  • 85% berfungsi sebagai jaring pengaman sosial yang dapat membantu dalam mengurangi kemiskinan
  • 85% memberikan rasa aman dalam memenuhi kebutuhan pangan selama pandemi
  • 89% dipandang sebagai praktik kerja sama yang ideal antara Pemerintah Indonesia dan lembaga swasta

Prestasi Prakerja, Ada Karena Dukungan Masyarakat Indonesia

Antusiasme masyarakat Indonesia dalam mengikuti program pelatihan Prakerja tentu saja sebagai salah satu faktor pencapaian prestasi Prakerja itu sendiri. Meskipun saat ini pandemi sudah berlalu, namun Prakerja masih akan selalu ada untuk memfasilitasi masyarakat Indonesia yang ingin meningkatkan skillnya. 

Selain itu juga Prakerja memiliki program lain yang tak kalah menariknya yaitu:

1. Indonesia Skills Week

Indonesia Skills Week (ISW) merupakan event dua bulanan dari Prakerja yang diadakan selama seminggu dan terbuka untuk semua golongan. Kalian bisa ikut dengan menggunakan akun Prakerja. Para peserta dapat memilih aneka pelatihan online yang gratis, murah, hingga memberikan diskon besar.

Pelatihan di Indonesia Skills Week bisa diikuti oleh siapa saja dengan minimal usia18 tahun dan tentu saja wajib memiliki akun Prakerja. 

Peserta juga bisa membeli pelatihan ini secara berulang, dan dapat ikut dalam program ISW berikutnya. Di akhir pelatihan, peserta akan dibagikan sertifikat yang bisa digunakan sebagai bukti keterampilan baru yang dimiliki.

2. Pelatihan Gratis di Coursera

Prakerja menyediakan program pelatihan gratis di Coursera. Coursera adalah platform edukasi online yang menawarkan berbagai macam kursus dari universitas dan institusi ternama di dunia. Program ini menawarkan lima kategori pelatihan yang ada di Coursera dimana dapat diakses secara gratis selama 90 hari. 

Lima kategori tersebut antara lain: 
  • AI dan Data, 
  • Engineering dan IT, 
  • Bisnis, 
  • Product dan Design,
  • Green skills. 
Meskipun gratis, namun program ini juga menyediakan sertifikat kelulusan yang tentunya sudah diakui di dunia kerja bagi mereka yang telah dinyatakan lulus.

Pelatihan ini terbuka bagi siapa saja yang sudah memiliki akun Prakerja, namun dengan batasan usia maksimal 35 tahun, dan minimal pendidikan SMA. 

Semoga bermanfaat dan menginspirasi. 

Posting Komentar untuk "Prestasi Prakerja Dalam Ciptakan Tenaga Kerja Berkompeten"