Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mendapat Mimpi Sebagai Jawaban Permasalahan Hidup

Jawaban Permasalahan Hidup
Credit Photo: Pixabay


Pernah tidak kalian mendapat mimpi yang terkesan menguatkan keyakinan terhadap permasalahan yang sedang dihadapi. Mungkin kalau pernah, maka sepertinya kita jangan pernah menyepelekan mimpi. 

Meskipun mimpi merupakan bunga tidur namun terkadang karena terlalu memikirkan sesuatu hal, hingga akhirnya terbawa mimpi dan seolah menjadi solusi.

Menurut Wikipedia, mimpi merupakan pengalaman bawah sadar manusia yang dialami ketika sedang tertidur. Pengalaman bawah sadar tersebut melihatkan pendengaran, penglihatan, pikiran, dan perasaan.

Lebih seringnya kita tidak pernah menghiraukan mimpi yang dialami ketika sedang tidur. Apalagi misalnya masalah di kehidupan nyata sampai terbawa mimpi, jangan-jangan hal tersebut menandakan kita benar-benar tertekan dengan permasalahn di dunia nyata.

Namun tak ada salahnya menimbang apa yang sedang kita alami di dunia nyata dengan mimpi yang dialami. Hal ini terjadi pada teman saya yang sudah sangat tidak tahan dengan kondisi kantor tempat dia bekerja.

Mungkin beberapa teman saya di circle kami, menganggap dunia kerja ya memang "kejam", dimana banyak pegawai toxic dengan berbagai intrik mereka untuk melanggengkan posisi. Namun tak jarang banyak yang tidak kuat mental dengan kondisi toxic di dunia kerja.

Hal tersebut yang terjadi pada teman saya, dimana permasalahan di kantor sering terbawa mimpi ketika dia tidur. Teman saya akhirnya merasa, jangan-jangan mimpinya selama ini adalah jawaban atas keputusan yang harus diambil, yaitu berhenti dari pekerjaan.

Setelah menimbang selama beberapa tahun, teman saya pun akhirnya mantap untuk mengundurkan diri dari pekerjaannya. Walau pada akhirnya semua keputusan membawa konsekuensi sendiri, namun setidaknya ketika kita sudah merasa tidak satu visi lagi dengan teman, keluarga, kerabat bahkan instansi sekalipun, ada baiknya dipertimbangkan apakah akan tetap bertahan atau menyudahi kebersamaan tersebut.

Tentunya kalian yang sedang punya permasalahan hidup tidak ingin terus menerus mendapatkan mimpi buruk karena terlalu memikirkan masalah tersebut.

Jangan Ikuti Mimpi Apabila Tak Sesuai Dengan Kata Hati

Namun terlalu mengikuti mimpi juga tidak dibenarkan. Sedikit-sedikit, percaya dengan bunga tidur. Padahal mungkin karena kita terlalu lelah saja. Coba berpikir sejenak sebelum akhirnya kalian mengikuti apa yang terjadi dalam mimpi.

Apabila masalah dalam kehidupan kalian sering terbawa mimpi, jangan juga dijadikan seolah petunjuk bahwa itu merupakan jawaban. Karena tidak semua mimpi merupakan jawaban dari permasalahan hidupmu.

Yang seharusnya dilakukan tentu saja berdoa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa ketika ditimpa sebuah masalah, agar tetap diberi kemudahan dalam menyelesaikannya.

Kalian tentunya tidak mau donk terus menerus mendapat mimpi buruk karena sebuah masalah yang mungkin belum terpecahkan. Sebab mimpi juga merupakan harmoni antara tubuh, pikiran dan jiwa. 

Secara tidak sadar, apa yang kita pikirkan akan terekam dalam memori dan bukan tidak mungkin terbawa di saat tidur dalam bentuk mimpi.

Lalu ini ada sedikit tips dari saya agar kalian tidak sering mendapat mimpi buruk, diantaranya:
  • Berdoa sebelum tidur. Mungkin tips ini sedikit klise karena hampir setiap pemuka agama tentu akan menyarankan jamaahnya untuk berdoa sebelum tidur. Terkadang kita tidak yakin dengan apa yang akan terjadi pada hari esok. Namun ketika kalian sudah memasrahkan diri kepada Tuhan di saat malam menjelang tidur, percayalah bahwa akan ada hal baik keesokan harinya.
  • Maafkan semua orang yang berbuat salah padamu. Mungkin terdengar mudah ya saya memberi tips ini. Belum tentu juga saya mampu memaafkan kesalahan orang lain. Tapi percayalah, ketika kalian memaafkan kesalahan orang lain sebelum tidur, bisa jadi mimpi buruk tidak akan terjadi, terutama yang berkaitan dengan orang tersebut.
  • Jangan bermain gadget sebelum tidur. Scroll TikTok mengenai konten horor, maka bukan tidak mungkin mimpi yang akan kalian dapatkan seputar hal mistis juga. Terkadang apa yang kita cari di gadget akan terbawa sampai ke alam mimpi. Oleh karena itu, coba mulai sekarang kurangi penggunaan gadget ketika hendak tidur di malam hari.

Semoga bermanfaat.


Referensi:

https://www.desmacenter.com/detail-17-wellness-tourism

Posting Komentar untuk "Mendapat Mimpi Sebagai Jawaban Permasalahan Hidup"